INDONESIA RAYA KITA

Dengan luas wilayah secara keseluruhan 1,9 juta km, Indonesia adalah negara terbesar ke-13 di dunia. Tapi pernahkah terpikir, mengapa di peta dunia luas wilayah Indonesia terkesan ‘biasa-biasa saja’ ?
Kita akan kaget dengan fakta berikut ini, karena selama ini kita tidak engeh.

Sampai hari ini, para ahli belum satu pendapat tentang bagaimana cara mengggambarkan bentuk dan wilayah bumi yang paling sesuai diatas kertas. Untuk membuat peta dunia, cara kerjanya ibarat menggambar peta bumi di sebuah jeruk, lalu kulit jeruk dikupas dan ditempelkan diatas bidang persegi panjang.

Akibatnya gambar wilayah yang makin dekat dengan kutub akan menjadi lebih melebar dibanding bagian bumi lainnya. Indonesia teihat kecil karena mercator projection, seperti Greenland jadi keliatan sangat luas padahal ukurannya tidak sebesar itu.

Kebanyakan negara menggunakan model proyeksi Gerhardus Mercator sebagai standar peta dunia . Kekurangan terbesar dari model ini adalah negara-negara dan pulau-pulau yang semakin dekat posisinya dengan kutub, secara fisik akan terlihat lebih lebar.

Sebuah situs bernama thetruesize.com akan membantu kita untuk meluruskan pandangan tentang rasio ukuran sebenarnya dari negara-negara di dunia. Kini, mari kita bandingkan ukuran negara kita Indonesia dibanding negara lain.

Luas Indonesia Dibanding Amerika Serikat.

Luas Indonesia Dibanding China.

Luas Indonesia Dibanding Benua Eropa.

Luas Indonesia Dibanding Rusia.

Di peta map datar kita memang terlihat kecil. Namun kenyataanya berbeda. Rusia yg kita anggap sangat besar ternyata tidak lebih besar dari afrika.
Ya karena kita berada di equator.

Luas Indonesia Dibanding Kanada.

Begitu diletakkan di garis lintang negara-negara yang dekat dengan kutub, bentuk peta Indonesia semakin melebar. Ini memperlihatkan bahwa Indonesia ternyata memang sebuah negara besar. Peta bumi yang selalu kita pakai selama ini telah membuat persepsi seolah-olah luas wilayah Indonesia tak seberapa. Padahal, ketika dibentangkan di garis lintang beberapa negara besar diluar khatulistiwa, luas wilayah Indonesia ternyata nyaris sama besar.

Perbandingan Luas wilayah Indonesia Dengan Beberapa Negara.

Indonesia memang dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, jadi bisa dianggap Indonesia itu negara yang luas. Namun tahukah Anda seberapa luas Indonesia itu dibandingkan negara lain ?

Perbandingan luas Indonesia dengan negara lain itulah yang akan dibahas melalui foto-foto yang diunggah ke akun Facebook milik Good News From Indonesia. Di foto-fotonya, dapat kita lihat perbandingan luas Indonesia dengan negara lain.

Seperti misalnya Indonesia, yang ternyata jauh lebih luas dibandingkan dengan luas Eropa Barat, yang terdiri dari 11 negara, yaitu Inggris, Jerman, Belgia, Prancis, Liechtenstein, Luksemburg, Monako, Belanda, Inggris, Irlandia dan Swiss.

Selain itu, luas pulau Kalimantan ternyata lebih luas dari negara Spanyol, bahkan luasnya mencapai dua kali luas negara Inggris.

Masih ada lagi fakta-fakta lainnya terkait luas Indonesia dibandingkan negara lain. Foto-fotonya bisa di lihat di bawah ini

Terakhir, berikut beberapa proyeksi kartografi lainnya yang dibuat para ahli untuk mencoba memberikan gambaran yang realistis tentang geografi bumi.

Proyeksi The Goode Homolosine.

Proyeksi The Wagner VI.

Proyeksi The Gal-Peters.

Sekarang kita telah tahu dan mengerti bahwa Indonesia benar-benar sebuah negara besar. Tak ada alasan bersifat inferior dengan negara lain. Semoga bangsa dan negara yang besar ini juga diisi oleh orang-orang yang berjiwa, berprestasi dan berkemauan besar.

Sungguh hebatnya bangsa kita. falsafah dasar negaranya bisa menyatukan kita semua dari ujung Sabang sampai ujung Merauke.

NKRI harga mati.

source www.tipsiana.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *